Mengganti Sendiri Touchscreen Nokia Lumia 625

Salah satu fitur yang ada di Perangkat Nokia Lumia 625 adalah adanya Corning Gorillas Glass Level 2. Yaitu Layar Sentuh yang terbuat dari partikel kaca tipis yang menindih LCD. Karena terbuat dari dasar kaca, maka sewaktu-waktu bisa pecah. Ketika diperlakukan melampaui kemampuan kaca tersebut.


Seperti yang saya alami dengan Nokia Lumia 625 milikku, ketika jatuh dari saku celana. Karena terpeleset dari genggaman jari, Nokiaku jatuh ke lantai dan langsung retak.


Seperti yang saya alami dengan Nokia Lumia 625 milikku, ketika jatuh dari saku celana. Karena terpeleset dari genggaman jari, Nokiaku jatuh ke lantai dan langsung retak




Sebelumnya sih juga pernah jatuh dalam keadaan yang sama tapi masih baik-baik saja. Dan ketika jatuh di kedua kalinya ini Layar Sentuhnya langsung retak.





Memang meskipun dalam keadaan retak, layar sentuhnya masih berfungsi normal. Namun tetap saja retakan tersebut membuat saya tidak nyaman. Akhirnya saya cari-cari Layar Sentuh Nokia Lumia 625 di Tokopedia
Setelah saya rasa telah menemukan Layar Sentuh yang cocok, langsung saya beli dach.

Kembali ke Topik Judul…

Alat yang dipersiapkan :

1. Obeng HP

Saya beli langsung satu set, dan saya sendiri kurang tahu Obeng tipe berapa yang pas dengan baut Nokia Lumia 625 tersebut.

2. Penggaris Mika

Fungsinya untuk menyusup ke celah antara Touchscreen dan LCD. Jika tidak memiliki penggaris mika, bisa menggunakan media lain namun jangan senjata tajam.

Saya rasa Alat dua tersebut sudah cukup. Dan ayo langsung kita bahas :





Langkah Pertama,

Buka 8 baut yang mengunci casing.
Jika kamu memiliki Obeng HP satu set, kamu bisa sesuaikan sendiri mata obeng yang cocok untuk membuka baut.






Langkah Kedua,

Meskipun 8 baut telah dilepas, bukan berarti Casing akan langsung bisa dilepas. Yakni kamu tinggal membuka penggait pada Casing dengan menyisipkan Kuku kita.

Setelah berhasil melepas pengait pada Casing dan sudah terlepas, maka akan seperti ini :




Langkah Ketiga,

Perhatikan Konektor yang terletak tepat di sebelah lubang Headset. SEPERTI YANG SAYA LINGKARI.
Itu adalah konektor Touchscreen ke mesin. Lepaslah dengan perlahan konektor tersebut.

Jika sudah terlepas, kita lanjut ke langkah berikutnya.



 

Langkah Keempat,

Disinilah bagian yang agak sulit… jika touchscreen anda pertama kalinya diganti. Touchscreen bawaan pabrik akan sangat melekat erat.

Membutuhkan keberanian untuk membukanya dengan penggaris mika, namun pastikan tetap perlahan dalam menyisipkan penggarisnya.

Ketika penggaris berhasil menyusup ke lapisan antara Touchscreen dan LCD, maka arahkan penggaris mengelilingi touchscreen seperti yang saya lakukan di foto.







Jika anda berhasil, maka hasilnya akan seperti ini :

 

Langkah Kelima, 

Lepaskan touchscreen beserta konektor secara perlahan dari tempatnya.




Touchscreen berhasil dilepas:

 
Langkah Keenam,

Ambil Touchscreen baru yang akan dipasang. Dan pastikan kamu telah mengelupas plastik pelindung perekatnya:



Lalu masukkan konektornya ke lubang sebagaimana tadi melepasnya:



Tekan secara perlahan hingga semua bagian touchscreen terbenam ke bingkai LCD:



 

Sampai sini “Mengganti Sendiri Touchscreen Nokia Lumia 625 telah berhasil...!!!


Selanjutnya hanya tinggal menutup casing sebagaimana kamu melepasnya tadi.









Selesai daah:





Sekian dan terima kasih...
Jangan lupa kunjungi Webku juga yaa : www.uchiha-uzuma.com

6 comments:

Berkomentarlah sewajarnya sebagaimana anda ingin dikomentari.